Kamis, 24 Januari 2013

PERSIAPAN SDM MENGHADAPI PASAR BEBAS

A.      PENGERTIAN PERDAGANGAN BEBAS
Kata Perdagangan Bebas sudah tidak asing lagi di telinga kita. Menurut dari beberapa sumber yang saya baca, Perdagangan Bebas ialah perdagangan antar individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda.
BEKONOMI INDONESIA
Indonesia memiliki potensi alam yang sangat banyak. Kegiatan ekonomi Indonesia sangat berpengaruh terhadap pendapatan nasional, akan tetapi kebijakan yang ada saat ini belum sepenuhnya dapat mengatur keseimbangan ekonomi di Indonesia. Sistem ekonomi yang dipakai Indonesia sekarang adalah sistem ekonomi campuran, yang artinya suatu sistem organisasi yang ditandai dengan keikutsertaan pemerintah dalam hal penentuan cara-cara mengatasi masalah-masalah ekonomi yang dihadapi masyarakat. Ekspor dan impor juga menjadi utama bagi Indonesia sudah di galakkan sejak tahun 1983. Sejak saat itu, ekspor menjadi perhatian dalam memacu pertumbuhan ekonomi seiring dengan berubahnya strategi industrialisasi dari penekanan pada industri substitusi impor ke industri promosi ekspor. Konsumen dalam negeri membeli barang impor atau konsumen luar negeri membeli barang domestik, menjadi sesuatu yang sangat lazim. Persaingna sangat tajam antar berbagai produk. Dalam hal demikian, perlu adanya keseimbangan pasar.
C.      INDONESIA DAN PERDAGANGAN BEBAS
Perekonomian Indonesia pada saat ini dihadapkan dengan sistem perdagangan bebas. Padahal Indonesia belum siap menghadapi perdagangan bebas, sebab nilai-nilai dasar seperti; kejujuran, disiplin, visioner, kerjasama, tanggung jawab, peduli dan adil, belum menjadi landasan para pelaku industri atau ekonomi. Jadi rakyat, para pelaku industri & ekonomi di Indonesia tidak siap untuk menerima perdagangan bebas.
Sumber :
M. Porter. Thn. 1997. Porter dalam Sihaan (2009), Harapan dan Tantangan Ekonomi Lokal Menuju  Perdagangan Bebas
Pardede Muhammad Tamim, 2009, Perdagangan Bebas dengan Cina 2010, Membentuk Kebangkrutan Indonesia Menuju Kebangkitan Komunis 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar